Profil ku

Senin, 11 Oktober 2010

MEMAKSIMALKAN BATERAI LI-ION PADA LAPTOP


Baterai Li-Ion notebook spAcer juga dapat dimaksimalkan

Ringkasan Bagaimana mengelola dan merawat baterai notebook dan gejala baterai yang telah mencapai akhir masa pakainya.

Skenario tipikal adalah bahwa Anda telah menggunakan PC notebook atau tablet pada baterai selama beberapa bulan dan Anda melihat bahwa itu tidak berlangsung selama pada muatan penuh tunggal seperti dulu.

Sebagai contoh, ketika pertama kali dibeli, sistem ini berlangsung selama dua jam pada baterai yang terisi penuh, namun setelah tiga bulan tampaknya hanya berlangsung selama satu jam.


Menyebabkan

Penyebabnya mungkin salah satu dari berikut:

    Ada masalah dengan pasokan listrik.
    Adaptor AC bukan tipe yang benar atau salah.
    Baterai memerlukan re-kalibrasi.
    Baterai sudah lewat masa manfaatnya, mungkin karena telah disimpan pada suhu tinggi untuk waktu yang lama.
    
Baterai, sistem atau sirkuit pengisian / adaptor AC rusak.



Prosedur

Hal ini penting untuk melaksanakan prosedur berikut dalam urutan yang tercantum.

1. Periksa pasokan

    Gunakan bekerja memimpin AC dikenal listrik dan adaptor AC dari jenis yang sama (jika Anda memilikinya).
    
Hubungkan adaptor AC ke stopkontak listrik yang Anda tahu bekerja (misalnya jika Anda biasanya biaya dari NoteBus RM, lepaskan adaptor dari NoteBus RM dan menggunakan stopkontak di dinding sebagai gantinya).
    Mengaktifkan sistem pada dan periksa bahwa ikon daya di bagian kanan bawah sistem memiliki simbol 'steker listrik' dan itu adalah mengatakan 'Pada AC Power' atau 'Mengisi' ketika pointer melayang di atasnya.

2. Periksa konfigurasi Power Scheme

Untuk memeriksa konfigurasi Skema Kekuatan sistem, lihat di Panel Kontrol, Kinerja dan Pemeliharaan, Power Options dan memeriksa bahwa Anda belum mengatur 'Berlari Pada Baterai' setting waktu yang singkat (misalnya 20 menit). Hal ini akan menyebabkan sistem tersebut untuk masuk ke modus siaga setelah menganggur selama 20 menit. Demikian pula, jika Anda memiliki sebuah pilihan 'hibernates Sistem', periksa bahwa ini tidak diatur untuk waktu yang singkat. Hal ini dapat memberikan penampilan bahwa baterai tersebut tidak berlangsung sangat lama, namun pada kenyataannya sistem ini hanya mematikan setelah mengatur jangka kemalasan.

Tip: Untuk memberikan kali baterai sedikit lebih baik, gunakan Baterai Max atau Presentasi Skema (catatan: ini juga dapat mengurangi kinerja pada beberapa sistem).

3. Mengkalibrasi ulang Baterai Smart

    Periksa bahwa sistem ini daya AC (lihat 1 di atas.).
    Matikan sistem.
    Biarkan sistem semalam (delapan jam) untuk mengisi daya.
    Aktifkan sistem dan periksa bahwa sistem ini masih pada listrik AC (lihat di atas).
    
Pada Control Panel, Kinerja dan Pemeliharaan, Power Options, dan mengubah Skema Power ke Selalu Aktif. Kemudian ubah 'Berjalan pada Baterai' pengaturan untuk semua berkata 'Jangan' dan klik 'OK'.
    Klik pada tab Power Meter, dan periksa apakah baterai sudah pada 100%.
    Sekarang menghapus steker adaptor AC dan matikan daya adaptor AC pada pasokan listrik.
    
Waktu berapa lama sistem tetap bertenaga. Anda dapat menggunakan sebuah utilitas untuk log waktu ke hard disk secara berkala (lihat Pasal Berguna Lainnya di bawah).
    Setelah sistem mati sendiri (biasanya oleh mengendalikan diri 'Shutdown'), hubungkan adaptor AC lagi dan menghidupkan daya untuk mengisi ulang baterai.
    
Biarkan selama delapan jam untuk mengisi ulang.

Jika langkah 8 diatas waktu beberapa jam, maka diperlukan kalibrasi baterai, dan prosedur ini harus tetap masalah.

Jika langkah 8 masih hanya berlangsung untuk waktu yang singkat (misalnya 30 menit), Anda mungkin memiliki baterai yang rusak atau tua, jadi pergi ke tes berikutnya di bawah ini.

4. Coba baterai lain

Jika Anda memiliki sistem lain dari jenis yang sama yang tampaknya memiliki hidup baterai yang baik, swap atas baterai. Jika 'baik' sistem sekarang memiliki baterai pendek dan 'buruk' sistem sekarang memiliki daya tahan baterai lebih lama, ini menunjukkan bahwa baterai memiliki masalah.

Namun, jika masalah baterai singkat hidup tampaknya tinggal dengan sistem yang asli, ini menunjukkan bahwa sistem dapat memiliki konfigurasi yang salah.

Harap dicatat: Karena baterai Lithium Ion memiliki kehidupan yang terbatas, mereka biasanya memiliki garansi terbatas (misalnya notebook dengan garansi satu tahun mungkin memiliki garansi enam bulan baterai). Silakan periksa ketentuan garansi dan kondisi sistem anda.

Tentang Baterai Smart

Notebook dan baterai tablet PC biasanya Smart Lithium-Ion tipe. Mereka biasanya termasuk unit mikro-kontroler kecil yang dapat memprediksi berapa lama baterai akan bertahan. Fitur prediksi ini diperlukan sebagai tanpa itu, akan sangat sulit untuk mengetahui kapan baterai hampir habis biaya.

Jika Anda secara konsisten menggunakan sistem hanya satu jam atau lebih pada baterai, dan kemudian menghubungkannya dengan adaptor AC untuk mengisi ulang itu, selama periode beberapa bulan baterai akan 'kehilangan jejak' dari berapa banyak biaya itu benar-benar berlaku.

Dalam hal ini mungkin melaporkan kepada Windows bahwa hampir habis kekuasaan, padahal baterai memiliki banyak biaya kiri. Windows akan mencoba untuk mematikan jika baterai laporan daya rendah dan sehingga sistem anda akan ditutup sebelum waktunya, meskipun ada masih menagih tersisa pada baterai.

kalibrasi baterai bekerja dengan membiarkan baterai Smart mikro-controller untuk kembali menghitung panjangnya waktu bahwa baterai akan bertahan. Yang perlu Anda lakukan adalah untuk memastikan bahwa sistem berjalan dari keadaan terisi penuh ke keadaan sepenuhnya habis. Hal ini dilakukan dengan hanya memastikan sistem tetap menyala selama baterai akan bertahan.

kalibrasi Baterai tidak memperpanjang waktu discharge baterai. Fitur ini mengkalibrasi baterai sehingga menunjukkan biaya yang tersisa akurat.

Beberapa notebook memiliki fitur kalibrasi baterai dalam menu pengaturan BIOS - Lihat pada buku petunjuk kertas atau on-line yang disertai sistem anda untuk rincian.


Kemungkinan Masalah

Menggunakan BatCal.exe

Bila menggunakan utilitas BatCal.exe kalibrasi bantuan, Anda akan melihat pesan berikut:

    'The dijalankan sebelumnya berlangsung selama menit XXX sebelum baterai kehabisan biaya.
    
Catatan: Kali ini bukan merupakan ukuran yang akurat pada umur baterai, untuk melakukan hal ini, anda perlu menjalankan tes BatteryMark setelah mengkalibrasi baterai '.

Pesan ini berarti bahwa Bat-Cal bukan baterai alat uji dan tidak dirancang untuk memberikan ukuran bermakna dari berapa lama notebook akan berlangsung pada baterai yang terisi penuh.

Baterai program benchmark (seperti BatteryMark) mensimulasikan penggunaan yang diberikan ke prosesor, memori dan berbagai bagian lain dari pengguna rata-rata 'nyata' selama periode waktu.
Sebagai contoh, sementara mengetik di aplikasi teks, hard disk dan CD-ROM akan dimatikan dan CPU akan berjalan cukup lambat, tapi melakukan perhitungan selama berada di database hard disk atau menampilkan DVD film video, sistem akan bekerja cukup keras. BatteryMark adalah program benchmark diterima untuk mengukur 'baterai' dari notebook dengan mensimulasikan berbagai kegiatan yang berbeda.

Misalnya, pada sistem baru:

    Jika menggunakan word processor, baterai dapat berlangsung selama tiga jam.
    Jika menonton film DVD dari DVD player, baterai mungkin hanya berlangsung selama satu jam dan 45 menit.
    BatteryMark dapat memberikan hasil dari dua jam dan 15 menit.

Bat_Cal.exe tidak menghasilkan hasil yang dapat dibandingkan dengan BatteryMark atau program benchmark baterai lainnya.

Namun Anda dapat, gunakan Bat_Cal untuk membandingkan baterai dengan menggunakan notebook yang sama tetapi mengganti baterai dengan yang lain setiap kali Anda menjalankan Bat_Cal. Anda harus ingat untuk menjaga kecerahan layar, pengaturan penghematan daya dan semua faktor lain konstan pada setiap tes lari.


Informasi Lebih Lanjut

Baterai

Setiap baterai memiliki kehidupan terbatas span apapun perangkat itu kekuasaan. Baterai isi ulang tidak berbeda dari baterai normal dengan pengecualian bahwa mereka dapat diisi ulang hingga beberapa kali. Dalam penggunaan normal baterai isi ulang memiliki kehidupan yang dapat digunakan antara 250-500 siklus pengisian (tergantung pada tipe yang digunakan).

Lithium-Ion baterai kimia menurunkan dari waktu ke waktu dan dengan suhu. Segera setelah baterai sel yang memproduksi 'jam terus berdetak'. Lamanya waktu baterai Anda berlangsung akan tergantung pada seberapa baik Anda memperlakukannya (yaitu tetap dingin dan tidak pernah meninggalkan dalam keadaan kosong selama berbulan-bulan pada satu waktu).

Selalu menjaga notebook dan tablet PC sekeren mungkin dan toko di sekitar 50% tingkat pengisian atau lebih. baterai disimpan pada 40 ° C di bawah sinar matahari langsung akan memburuk lebih cepat dari satu disimpan pada 20 ° C di ruangan sejuk. Sebagai contoh, bahkan jika Anda tidak menggunakan baterai, jika sudah disimpan terisi penuh untuk satu tahun pada 40 ° C hanya akan memiliki kapasitas 65% pada akhir tahun itu. Artinya, setelah satu tahun itu hanya akan bertahan 65% selama hal itu ketika itu baru! Namun, jika Anda menyimpannya pada tingkat biaya 40% pada 25 ° C atau kurang selama satu tahun, maka akan memiliki kapasitas 96% pada akhir tahun ini - yaitu seperti baru!

Selalu pastikan ada ventilasi yang cukup di sekitar notebook dan menghindari menempatkan mereka dalam ruang tertutup ketika mereka pengisian, kecuali ventilasi yang memadai dapat dipastikan. Hal ini karena adapter AC akan melepaskan panas sementara mereka berada, dan ini akan memanaskan udara di sekitar baterai notebook dan dengan demikian baterai notebook itu sendiri. Jika Anda memiliki beberapa notebook atau PC tablet dan mereka AC adapter dalam ruang tertutup, baterai akan tetap hangat untuk jangka waktu yang lama. Secara khusus, menempatkan adaptor AC di atas, atau di dekat, tempat baterai ketika digunakan atau pengisian parah akan mempengaruhi masa pakai baterai manfaat dan mereka hanya mungkin berlangsung enam bulan.

Jika baterai Lithium-Ion selalu tetap dingin, seharusnya berlangsung selama beberapa tahun. Jika disimpan pada suhu hangat untuk sebagian besar hidupnya, itu tidak akan berlangsung lebih lama dari satu tahun. Inilah sebabnya mengapa kebanyakan produsen hanya akan garansi baterai mereka untuk jangka waktu antara tiga bulan dan satu tahun (maksimum).

Untuk alasan yang sama, tidak pernah membeli baterai cadangan untuk digunakan di kemudian hari pada tahun atau tahun depan. Lithium-Ion baterai mulai menurunkan segera setelah mereka dibuat. Jadi hanya membeli baterai baru pada waktu yang Anda butuhkan untuk menggunakannya.

Ketika notebook menyimpan untuk waktu yang lama (selama enam bulan atau lebih misalnya), isi baterai (idealnya sampai 50% atau lebih, tetapi tidak pernah kurang dari 40%) dan kemudian menghapusnya dari notebook sebelum menyimpan di tempat sejuk (tetapi tidak bawah lima derajat entigrade). Proses ini akan mengurangi penurunan baterai ketika sedang disimpan.

Tentang kalibrasi baterai

kalibrasi Baterai tidak rekondisi sel-sel baterai tetapi hanya memungkinkan 'Smart' sirkuit notebook secara akurat memperkirakan berapa banyak mengisi daya baterai yang memegang setiap saat. kalibrasi Battery 'mengajarkan' Smart baterai sehingga dapat menilai seberapa lama baterai akan bertahan jika terisi penuh - kemudian akan menunjukkan jumlah biaya yang tersisa lebih akurat atas tuduhan masa depan.

Sebuah baterai yang telah keluar dari kalibrasi mungkin, misalnya, menunjukkan biaya 90% sisanya bila ada, pada kenyataannya, sebenarnya kurang bertanggung jawab yang tersisa. Ini mungkin menunjukkan dirinya ketika sebuah notebook tiba-tiba kekuatan down sementara laporan persentase yang masuk akal kapasitas masih tersisa. Atau, baterai Windows meteran listrik dapat menunjukkan hampir tidak ada biaya yang tersisa setelah hanya mengatakan 1,5 jam digunakan, tetapi baterai ini hanya enam bulan, telah terisi penuh dan digunakan untuk bertahan lebih lama beberapa bulan sebelumnya.

Jika Anda tidak yakin bagaimana untuk mengkalibrasi ulang baterai Anda, utilitas BatCal bawah ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah yang perlu Anda ambil. Jika Anda tidak akan menggunakan notebook, anda bisa menggunakan opsi Fast Discharge sehingga biaya tersebut akan digunakan dengan cepat. Jika Anda ingin menggunakan notebook selama urutan discharge baterai, gunakan opsi Slow Discharge (atau hanya Keluar utilitas). Utilitas ini dapat digunakan pada setiap tablet PC atau notebook dan hanya memandu Anda melalui biaya penuh - debit penuh - siklus pengisian penuh.